top of page

Kolesterol merupakan lemak yang diproduksi secara alami oleh organ hati. Kolesterol memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh. Namun, jika kadarnya melebihi batas normal, kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah dan membentuk plak yang dapat menyumbat pembuluh darah.

artikel koresterol-01.jpg
vivarix_logo.png

Banyak orang berpikir bahwa penyebab terjadinya kolesterol tinggi hanya terjadi dan datang pada kelompok orang yang sudah lanjut usia. Nyatanya, dewasa atau anak muda sama-sama akan rentan mengalami kolesterol tinggi jika mereka memiliki pola makan dan hidup yang buruk. Tetapi, banyak juga orang yang memiliki gen familia hypercholesterolemia, yaitu kondisi bawaan di mana kadar kolesterol sudah tinggi sejak lahir.

Ketika kolesterol menyerang di usia muda, kondisi ini kerap tidak disadari dan oleh karena itu penting untuk mengetahui tanda-tanda kolesterol tinggi di usia muda sebagai langkah awal pencegahan. Berikut ciri ciri penyakit kolesterol :

artikel koresterol-02.jpg

1. Adanya Nyeri Pada Dada dan Otot

Darah tidak dapat mengalir dengan sempurna ke jantung dikarenakan arteri yang tersumbat sehingga penerimaan oksigen dalam tubuh akan berkurang serta kinerja organ vital lainnya menurun. Pengidap diwajibkan untuk berwaspada karena nyeri pada dada merupakan salah satu gejala dari serangan jantung dan Penyakit Jantung Koroner. Keluhan lainnya yang sering dirasakan oleh pengidap kolestrol tinggi adalah nyeri otot dan mudah pegal-pegal.

2. Mudah Lelah

Orang berkolesterol tinggi di usia muda akan kerap merasakan lelah yang berlebih. Walaupun tidak melakukan aktivitas fisik yang berat, pengidap akan mudah lelah bahkan ngantuk. Penumpukan Trigliserida (lemak) dalam tubuh serta penurunan kadar oksigen akibat sumbatan aliran darah ke otak yang menyebabkan orang pengidap kolesterol tinggi lebih mudah merasa lelah.

artikel koresterol-03.jpg

3. Sakit Kepala dan Pusing

Sakit kepala dan pusing merupakan salah satu alasan mengapa orang dengan usia muda dilaporkan sering mengidap stroke belakangan ini. Keluhan ini disebabkan oleh penumpukan plak yang tidak segera diatasi yang akan menjalar ke pembuluh darah ke otak.

artikel koresterol-04.jpg

4. Sesak Napas dan Naiknya Berat Badan

Sesak Napas adalah salah satu keluhan yang serius dan merupakan tanda awal kemunculan gangguan kardiovaskular (gagal jantung, arteri perifer dan serangan jantung). Jika kondisi berikut muncul segera cek dan jadwalkan kunjungan anda ke dokter terdekat. Penyebab berat badan naik adalah adanya lemak yang tertimbun dalam tubuh. Banyak orang yang tidak sadar bahwa ternyata seseorang yang mengalami kenaikan berat badan akan lebih berpeluang terkena obesitas dan diabetes karena gula darah yang tidak terkontrol.

artikel koresterol-05.jpg

Kesimpulan

Itulah beragam cara menurunkan kolesterol secara alami yang bisa Anda lakukan. Hal yang perlu diingat adalah berbagai cara di atas akan efektif bila dilakukan secara konsisten. Selain itu, jangan lupa untuk rutin cek kolesterol sesuai anjuran dokter. Bila Anda telah menerapkan berbagai cara menurunkan kolesterol secara alami tetapi kadar kolesterol tidak kunjung turun, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk diberikan penanganan selanjutnya, termasuk peresepan obat kolesterol yang bagus.

bottom of page